⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
MAHASISWA/I KUKERTA TERINTEGRASI UNRI 2021 MEMANFAATKAN KOTORAN TERNAK MILIK MASYARAKAT DUMAI DAN SAMPAH ORGANIK DAUN MENJADI PUPUK KOMPOS
Sabtu, 14-08-2021 - 11:03:02 WIB
TERKAIT:
   
 

Hkindonesia.com:Mahasiswa/i Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau (UNRI) Tim 2 yang berada di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai telah melaksanakan program kerja yaitu membuat pupuk organik dari kotoran ternak (Sapi) milik warga sekitar dan sampah organik daun. Dumai, (14/08/2021).


Peluncuran Program “Sekolah tanpa Sampah dan Asap serta tanpa Perundungan” sebagai Implementasi program Sekolah Penggerak pada SMPN 6 Dumai Tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021 pukul 08.00 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh Ka. Disdikbud Kota Dumai yaitu Yusmanidar, S.sos, M.Si. dan Kepala Sekolah SMPN 6 Dumai yaitu Andi Effendi, S.Si.
Mayoritas masyarakat Kelurahan Lubuk Gaung sendiri banyak yang memelihara hewan ternak. Oleh karena itu, dengan menjalankan program kerja membuat pupuk organik dari kotoran ternak diharapkan dapat membantu kesadaran masyarakat sekitar untuk dapat mengolah kotoran dari ternak nya menjadi pupuk organik dan bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman masyarakat.
Dandi Rama Wijaya selaku Ketua tim Kukerta menjelaskan bahwasannya ia dan timnya berinisiatif membuat pupuk organik dari kotoran ternak guna menyuburkan tanah di SMPN 6 Dumai karena dilihat dari kondisi tanah bukan tanah yang baik untuk tanaman atau disebut tanah liat kuning sehingga jika ingin menanam dibutuhkan unsur hara yang bisa diperoleh dari pupuk organik.
Pembuatan Pupuk Kompos menggunakan kotoran ternak (Sapi) dan sampah organik daun merupakan Program luaran Kukerta Integrasi yang sejalan dengan program SMPN 6 Dumai, yakni sekolah tanpa Sampah dan Asap dan tanpa Perundungan. Ungkap Prof. Dr. Dra. Evi Suryawati, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
Salah satu Anggota Kukerta Lady Asia juga memberi tambahan mengenai program ini "Memanfaatkan sampah yang jarang sekali dipakai menjadi sebuah nilai guna sangatlah bijak jika mahasiswa/i tersebut mampu mengelola nya dengan baik". Tutupnya saat pihak sekolah menyampaikan program yang baru saja dirilis di SMP Negeri 6 Dumai ini.
Selain itu, Tim 2 Kukerta terintegrasi UNRI juga membantu Kelurahan di bidang pendidikan, kemasyarakatan serta pembangunan plang TPA di RT 024 Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.




 
Berita Lainnya :
  • MAHASISWA/I KUKERTA TERINTEGRASI UNRI 2021 MEMANFAATKAN KOTORAN TERNAK MILIK MASYARAKAT DUMAI DAN SAMPAH ORGANIK DAUN MENJADI PUPUK KOMPOS
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Sekda Kampar Pimpin Rapat Verifikasi Keanggotaan Koperasi Iyo Basamo.
     
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Sumatera
    + Jabar
    + Riau
    + Infrastruktur
     
     

     

     
    + Ekbis
    + Cityzen
    + Siaran Pers
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 HKindonesia.com - Harian Kita Indonesia - Membangun untuk Indonesia, all rights reserved