⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
BMKG Membuka Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VII Tahun 2023
Selasa, 06-06-2023 - 15:38:19 WIB
TERKAIT:
   
 

 


JAKARTA-- Hadapi tantangan yang semakin besar dan kompleks di bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno, menghadiri dan membuka kegiatan pelatihan kepemimpinan administrator Angkatan VII Tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh peserta pelatihan dari UPT BMKG berbagai daerah di Indonesia, Senin (5/6), saat keterangan.


Dalam pembukaannya, Dwi Budi membahas tantangan BMKG yang berkaitan dengan multi bencana, perubahan lingkungan strategis, dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan informasi MKG. Bahwa tantangan BMKG kedepan meliputi fenomena bencana yang semakin kompleks, seperti bencana Geo-Hidrometeorologi yang melibatkan ancaman multi bencana, yaitu kejadian bencana geologi bersamaan dengan kejadian bencana hidrometeorologi di hampir seluruh wilayah Indonesia," kata Dwi.


Hal ini, disebabkan oleh posisi Indonesia yang berada di kawasan pergerakan lempeng tektonik yang semakin aktif, serta sebagai negara kepulauan maritim yang rentan terhadap perubahan iklim global. Selain itu, perubahan lingkungan strategis yang berkembang dengan cepat dan tidak dapat diprediksi dengan pasti juga menjadi tantangan bagi BMKG.


Dwi, mengungkapkan BMKG untuk memiliki kesiapan dalam menghadapi situasi yang berubah dengan cepat dan membutuhkan prediksi yang akurat.


"Untuk menghadapi tantangan yang kompleks tersebut, pimpinan BMKG telah menetapkan arah kebijakan yang komprehensif seperti fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui Program SDM Unggul, yang bertujuan untuk memiliki tenaga kerja yang handal dan berbasis merit system, kemudian melakukan penataan organisasi untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penyerderhanaan struktural birokrasi, serta melanjutkan upaya modernisasi dan otomatisasi sarana operasional. Pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), big data, dan Internet of Things (IoT) akan digunakan untuk meningkatkan layanan BMKG agar lebih spesifik, tematik, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna informasi BMKG," ujarnya.


Pentingnya mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan masa depan dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas BMKG dalam memberikan layanan informasi yang berkualitas kepada masyarakat.


"Kegiatan pelatihan kepemimpinan administrator Angkatan VII Tahun 2023 akan berlangsung selama beberapa hari dengan berbagai materi dan kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan peserta. Peserta pelatihan diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan dinamis di bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika," ungkap Dwi. (dade)




 
Berita Lainnya :
  • BMKG Membuka Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VII Tahun 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Bappeda Kampar Gelar FKP Ranwal RKPD 2024
     
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Sumatera
    + Jabar
    + Riau
    + Infrastruktur
     
     

     

     
    + Ekbis
    + Cityzen
    + Siaran Pers
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 HKindonesia.com - Harian Kita Indonesia - Membangun untuk Indonesia, all rights reserved